Jumat, 11 Januari 2013

Renungan Katolik Hari Minggu 13 Januari 2012 Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan

,

TERBUKANYA LANGIT

Luk 3 : 15-16. 21-22

Dalam injil Hari ini kita mendengar bagaimana Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Menarik disimak, bahwa Yesus sang Mesias yang tidak punya dosa itu mendatangi Yohanes untuk dipermandikan. Dengan rela Ia datang ke sungai yordan dan minta dipermandikan oleh Yohanes. Mengapa? Jelas, Yesus tidak punya dosa yang harus disesali atau dipertobatkan Yohanes. Tetapi Yesus ingin menyatukan diri dengan semua manusia berdosa yang datang kepada Yohanes. Yesus ingin solider, dan senasip dengan semua manusia yang telah berdosa. Dengan demikian sungguh Dia tinggal dan hidup menjadi satu dengan manusia. Santo Paulus berucap, "meskipun Dia tidak berdosa, Ia senasip dengan kita yang berdosa, bahkan Ia menjadi tumbal atas dosa-dosa kita".

Dan apa kata Yohanes tentang sang Mesias yang rendah hati dan solider dengan manusia ini?? Kepada orang-orang yang mengira bahwa dia adalah Mesias, Yohanes memberikan kesaksian tentang sang Mesian itu katanya "Aku membaptis Kamu dengan air, tetapi Dia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptismu dengan Roh Kudus dan dengan api".

Penunjukan Yohanes bahwa Yesus adalah Mesias tampaknya belum kuat. Karena setelah Yesus dibaptis, Allah sendirilah yang melantik Yesus dengan lambang suara berseru, "Engkaulah Putera kesayangan-Ku Engkau berkenan di hati-Ku". Allah Bapa sendirilah yang menyatakan bahwa Yesus adalah penyelamat yang di utus-Nya ke dunia ini. Dialah yang akan membaptis manusia dengan Roh Kudus, sehingga setiap orang dapat berhubungan mesra kembali dengan Bapa.

Injil menceritakan bahwa ketika Bapa memperkenalkan Putera-Nya disertai dengan "langit yang terbuka"

Dengan terbukanya langit, Yesus menjadi jelas untuk kita sebagai Mesias dan Putera Bapa yang tercinta. Yesus menjadi jelas, tetapi dengan demikin Yesus menjadi jelas. Semua yaitu dunian dan manusia menjadi jelas, mendapat dimensi dan arti yang baru. Berkat langit yang terbuka kita dapat melihat lebih jauh, bahkan sampai disurga dan keabadian. Dengan demikian maka kita akan hidup dengan cara yang lebih baru. Orientasi kita adalah Kristus yang makin lama semakin jelas untuk kita. Ia menjadi pola hidup kita. Ia menjadi patokan untuk kita semua. Kita tidak bisa lagi bersikap dan hidup seolah-olah Ia tdk ada.

0 komentar to “Renungan Katolik Hari Minggu 13 Januari 2012 Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan”

Posting Komentar